PERTANYAAN :
Ikhwan Nurudin
Apa yg dimaksud dengan "SEBENAR-BENARNYA TAWAKKAL" pada hadist berikut ini? apa ada hadist lain yg menjelaskannya?
“Seandainya kalian bertawakkal kepada Allah dengan SEBENAR-BENARNYA
TAWAKKAL, maka Allah akan memberikan kepada kalian rezeki sebagaimana
Allah memberikan rezeki kepada burung. Burung pergi di pagi hari dalam
keadaan perut kosong dan pulang dalam keadaan perut sudah terisi”
HR Ahmad
JAWABAN :
> Ical Rizaldysantrialit
Bismillahirrohmanirrohiim. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,
وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ
“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Dia akan mencukupi (kebutuhan)nya” (QS. Ath-Thalaq: 3)
Teks Hadits
عن عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ إِنَّهُ سَمِعَ
نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ ((لَوْ
أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ
كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا)). رواه
الترمذي، وَقالَ: (حديث حسن).
Artinya: Dari ‘Umar bin Khaththab rd bahwa beliau pernah mendengar Nabi
bersabda: “Seandainya kalian bertawakkal kepada Allah dengan
sebenar-benarnya tawakkal, niscaya Dia (Allah) akan memberi kalian rizki
sebagaimana Allah memberi rizki kepada burung, ia (burung) keluar di
waktu pagi dalam keadaan perut kosong dan pulang di waktu sore dalam
keadaan kenyang.”
(HR. Tirmidzi dan beliau berkata hadits ini hasan)
رقم الحديث: 24(حديث مرفوع) أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ
بْنُ الْفَضْلِ بْنِ نَظِيفٍ الْفَرَّاءُ , قِرَاءَةً عَلَيْهِ , وَأَنَا
أَسْمَعُ , قَالَ : حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ
أَبِي الْمَوْتِ , إِمْلاءً فِي سَنَةِ تِسْعٍ وَأَرْبَعِينَ وَثَلاثِ
مِائَةٍ , قَالَ : حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الصَّائِغُ , قَالَ :
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ , قَالَ : حَدَّثَنَا ابْنُ
الْمُبَارَكِ , قَالَ : حَدَّثَنِي حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ , عَنْ بَكْرِ
بْنِ عَمْرٍو , عَنْ أَبِي هُبَيْرَةَ , عَنْ أَبِي تَمِيمٍ
الْجَيْشَانِيِّ , عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ , رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ,
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , قَالَ : " لَوْ
أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ
كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا " .
http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php...------------------------------
Ibnu Rojab dalam Jami'ul 'ulumi wal hikam
Hakikat Tawakal
وحقيقة التوكل : هو صدق اعتماد القلب على الله عز وجل في استجلاب المصالح ،
ودفع المضار من أمور الدنيا والآخرة كلها ، وكلة الأمور كلها إليه ،
وتحقيق الإيمان بأنه لا يعطي ولا يمنع ولا يضر ولا ينفع سواه .
Hakikat tawakal adalah hanya bersandar kepada Allah dalam usaha menarik
kemanfaatan dan menolak kemadhoratan dari perkara yang sifatnya duniawi
maupun ukhrowi.dengan landasan keimanan bahwa tidak ada yang bisa
memberi,tidak bisa mencegah,tidak ada yang bisa mendatangkan madhorat
dan tidak ada yang bisa memberi kemanfaatan kecuali Allah SWT.
واعلم أن تحقيق التوكل لا ينافي السعي في الأسباب التي قدر الله سبحانه
المقدورات بها ، وجرت سنته في خلقه بذلك ، فإن الله تعالى أمر بتعاطي
الأسباب مع أمره بالتوكل ، فالسعي في الأسباب بالجوارح طاعة له ، والتوكل
بالقلب عليه إيمان به
Namun demikian,hakikat tawakal tidak menafikan makhluk dalam mencari
sebab.karna Allah memerintahkan untuk mencari sebab dan memerintahkan
bertawakalMencari sebab dengan badan adalah bagian taat kepada
allah,sementara tawakal dalam hati sebagai bentuk keimanan kepada Allah
[ ص: 496 ] الحديث التاسع والأربعون . عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه عن
النبي - صلى الله عليه وسلم - قال : لو أنكم توكلون على الله حق توكله ،
لرزقكم كما يرزق الطير ، تغدو خماصا ، وتروح بطانا رواه الإمام أحمد
والترمذي والنسائي وابن ماجه وابن حبان في " صحيحه " والحاكم ، وقال
الترمذي : حسن صحيح .
Syarah hadits
هذا الحديث خرجه هؤلاء كلهم من رواية عبد الله بن هبيرة ، سمع أبا تميم
الجيشاني ، سمع عمر بن الخطاب يحدثه عن النبي - صلى الله عليه وسلم - ،
وأبو تميم وعبد الله بن هبيرة خرج لهما مسلم ، ووثقهما غير واحد ، وأبو
تميم ولد في حياة النبي - صلى الله عليه وسلم - ، وهاجر إلى المدينة في زمن
عمر رضي الله عنه . وقد روي هذا الحديث من حديث ابن عمر عن النبي - صلى
الله عليه وسلم - ، ولكن في إسناده من لا يعرف حاله . قاله أبو حاتم الرازي
. وهذا الحديث أصل في التوكل ، وأنه من أعظم الأسباب التي يستجلب بها [ ص:
497 ] الرزق ، قال الله عز وجل : ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من
حيث لا يحتسب ومن يتوكل على الله فهو حسبه [ الطلاق : 2 - 3 ] ، وقد قرأ
النبي - صلى الله عليه وسلم - هذه الآية على أبي ذر ، وقال له : لو أن
الناس كلهم أخذوا بها لكفتهم يعني : لو حققوا التقوى والتوكل ؛ لاكتفوا
بذلك في مصالح دينهم ودنياهم . وقد سبق الكلام على هذا المعنى في شرح حديث
ابن عباس : احفظ الله يحفظك . قال بعض السلف : بحسبك من التوسل إليه أن
يعلم من قلبك حسن توكلك عليه ، فكم من عبد من عباده قد فوض إليه أمره ،
فكفاه منه ما أهمه ، ثم قرأ : ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا
يحتسب وحقيقة التوكل : هو صدق اعتماد القلب على الله عز وجل في استجلاب
المصالح ، ودفع المضار من أمور الدنيا والآخرة كلها ، وكلة الأمور كلها
إليه ، وتحقيق الإيمان بأنه لا يعطي ولا يمنع ولا يضر ولا ينفع سواه . قال
سعيد بن جبير : التوكل جماع الإيمان . وقال وهب بن منبه : الغاية القصوى
التوكل . قال الحسن : إن توكل العبد على ربه أن يعلم أن الله هو ثقته . وفي
حديث ابن عباس عن النبي - صلى الله عليه وسلم - ، قال : من سره أن يكون
أقوى الناس ، فليتوكل على الله . [ ص: 498 ] وروي عنه - صلى الله عليه وسلم
- أنه كان يقول في دعائه : اللهم إني أسألك صدق التوكل عليك ، وأنه كان
يقول : اللهم اجعلني ممن توكل عليك فكفيته . واعلم أن تحقيق التوكل لا
ينافي السعي في الأسباب التي قدر الله سبحانه المقدورات بها ، وجرت سنته في
خلقه بذلك ، فإن الله تعالى أمر بتعاطي الأسباب م
Syarah Ringkas :
Tawakkal merupakan salah satu amalan hati yang agung lagi mulia yang
mesti dimiliki oleh setiap muslim. Tawakkal berarti menyandarkan hati
sepenuhnya kepada Allah dengan sebenar-benarnya dalam rangaka
mendapatkan suatu manfaat atau meghindar dari suatu hal yang
membahayakan dengan tidak mengabaikan sebab-sebab syar’i yang dapat
mengantarkan kepada tujuan-tujuan tersebut. Jadi tawakkal itu tidak
terlepas dari dua hal pokok yaitu menyandarkan hati sepenuhnya kepada
Allah dan mengambil sebab-sebab yang dibolehkan oleh syari’at.
Dalam hadits di atas, Rasulullah telah menjelaskan dengan gamblang
tentang pentingnya mengambil sebab-sebab untuk meraih suatu tujuan
disamping kuatnya sandaran hati kepada Allah. Dimana beliau memberikan
contoh dengan seekor burung yang keluar di waktu pagi dalam keadaan
perut kosong kemudian pulang di waktu sore dalam keadaan kenyang.
Artinya si burung telah mengambil sebab untuk medapatkan makanan yaitu
keluarnya burung di waktu pagi.
Dan Rasulullah yang merupakan penghulunya orang-orang yang bertawakkal
pun telah mempraktekkan tawakkal ini dalam bentuk nyata, seperti memakai
baju besi ketika beliau ingin berperang, mengambil pemandu jalan,
mengambil arah yang berbeda, bersembunyi di gua selama tiga hari ketika
beliau hijarah ke Madinah. Semua itu beliau lakukan untuk menunjang dan
melancarkan proses perjalanan hijrah beliau ke Madinah.
Faidah dan Hukum:
1. Wajibnya bertawakkal kepada Allah dalam segala urusan kita.
2. Penjelasan tentang hakikat tawakkal.
3. Tawakkal adalah salah satu sarana untuk mendatangkan rizki.
4. Allah adalah Rabb satu-satunya yang memberi dan mengelola rizki para makhluk-Nya.
5. Tawakkal bukan berarti duduk berpangku tangan tanpa melakukan sebab
yang kongkrit (nyata) seperti bekerja. Seperti burung yang keluar di
waktu pagi dan kembali di waktu sore.
Wallohu a'lam bis showab
LINK DISKUSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar