Jumat, 27 Juni 2014

Mandi memasuki bulan Ramadhan

http://www.piss-ktb.com/2013/07/2483-haruskah-mandi-sebelum-masuk-awal.html
PERTANYAAN :
Ali Talaga
Kalau mau memasuki bulan puasa apa harus mandi besar dulu ?!

JAWABAN :


> Ghufron Bkl [edited]
Mandi besar (mandi wajib karena hadats besar ) wajib dilakukan setiap saat ketika seseorang hadats besar (misal junub, haid atau nifas) dan akan melakukan ibadah yang disyaratka
n suci dari hadats, misal shalat dan thawaf. Sehingga saat memasuki bulan romadlon seseorang tidak harus mandi besar dahulu, jika ia tidak berhadat besar. Dan kami belum menemukan referensi yang menjelaskan disunnahkannya mandi menjelang masuknya awal puasa ramadhan, yang ada di kitab-kitab fiqih, justru di dalam bulan romadlon itu sendiri yang disunahkan mandi setiap malam, waktunya mulai terbenamnya matahari / maghrib sampai terbitnya fajar shodiq / subuh. :

.و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة____ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك. الباجوري ١/٨١ و من الأغسال المسنونة غسل العيدين____ولكل ليلة من رمضان معطوف على للاعتكاف أى و من الأغسال المسنونة الغسل لكل ليلة من رمضان قال في النهاية و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والأوجه الأخذ بإطلاقهم قال ع ش و يدخل وقت الغسل بالغروب و يخرج بطلوع الفجر. إعانة الطالبين ٢/٧٢

SEBAGAI PERBANDINGAN :

> Ki Nur Jati Alfarizi
Hukumnya sunah malah dianjurkan oleh para ulama untuk mandi sebelum awal puasa.....contohnya ntar habis ashar para muslimin akan mandi sunah bulan ramadhon dengan niat : "NAWAITUL GUSLA SHOMAGHODIN AN ADA-I FARDHU SAHRI ROMADHONA HAZIHI SANNATI LILLAHI TA'ALA".
Coba kalian rasakan hikmah mandi sunah bulan ramadhan ini....setelah kalian mandi akan ada perbedaan dihati kita dan ruhani kita ada perubahan yang mana diri kita siap untuk melaksanakan puasa ramadhan.....dan ada hikmah dibalik mandi sunah ramadhan ini bahwa kita secara tidak langsung membersihkan kotoran lahir dan bathin untuk menyambut dan melaksanakan puasa ramadhan...mandinya sambil dihayati niat mandi tsb..,...... kalo tidak mandi kayanya ada yang kurang walaupun mandi bln ramadhan itu sunah......

> Ali Talaga
Itu mandi dikenal dengan padusan atau keramas biasa "mungkin" itu lebih tepatnya. niat ngebersihin badan jelang puasa dan yg paling utama ngebersihin hati.

> Ghufron Bkl
Masih menunggu ta'bir dari Ki Nur Jati

> Sunde Pati
997. MANDI MENJELANG RAMADHAN
PERTANYAAN:
Naira Hasyim
Assalamu Alaikum. MANDI MENJELANG ROMADHON , apakah ada referensinya ? ataukah referensinya di qiyaskan pada Mandi Taubah ? Monggo para alim di tunggu ilmunya ! Trims.

JAWABAN :
Brojol Gemblung
Wa'alaikumus salam. Neng Naira Hasyim_Amalan mandi ketika hendak memasuki bulan Ramadhan (lebih tepatnya pada malam pertama bulan Ramadhan) adalah bagian dari aktivitas saudara kita golongan Syi'ah dan itu ada dasarnya. Ini kitab dari aliran Syi'ah :

ﺑﺤﺎﺭ ﺍﻷﻧﻮﺍﺭ - ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻤﺠﻠﺴﻲ - ﺝ ٧٨ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٧ - ١٨:

ﻭﻣﻨﻪ ﻗﺎﻝ: ﺭﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻗﺮﺓ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﻋﻤﻞ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺑﺎﺳﻨﺎﺩﻩ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻗﺎﻝ: ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﻭﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻨﻪ، ﻭﻗﺎﻝ: ﻭﻗﺪ ﺫﻛﺮﻩ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺍﻟﻤﺎﺿﻴﻦ، ﻓﻼ ﻧﻄﻴﻞ ﺑﺬﻛﺮ ﺃﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺼﻨﻔﻴﻦ، ﻭﻭﻗﺖ ﺍﻏﺘﺴﺎﻝ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻗﺒﻞ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ، ﻭﻳﻜﻔﻲ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻟﻠﻴﻠﺔ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ، ﻭﺭﻭﻱ ﺃﻥ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﻠﻴﻞ، ﻭﺭﻭﻱ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻌﺸﺎﺋﻴﻦ، ﻭﺭﻭﻳﻨﺎ ﺫﻟﻚ ﻋﻦ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮﻳﻦ .

ﻭﻣﻨﻪ ﻗﺎﻝ: ﻭﺭﺃﻳﺖ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺃﻋﺘﻘﺪ ﺃﻧﻪ ﺗﺄﻟﻴﻒ ﺃﺑﻲ ﻣﺤﻤﺪ ﺟﻌﻔﺮ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﻟﻘﻤﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﺼﺎﺩﻕ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻣﻦ ﺍﻏﺘﺴﻞ ﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻓﻲ ﻧﻬﺮ ﺟﺎﺭ ﻭﻳﺼﺐ ﻋﻠﻰ ﺭﺃﺳﻪ ﺛﻼﺛﻴﻦ ﻛﻔﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺎﺀ، ﻃﻬﺮ ﺇﻟﻰ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻣﻦ ﻗﺎﺑﻞ .

ﻭﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍﻟﻤﺸﺎﺭ ﺇﻟﻴﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﺼﺎﺩﻕ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻣﻦ ﺃﺣﺐ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻪ ﺍﻟﺤﻜﺔ ﻓﻠﻴﻐﺘﺴﻞ ﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﻓﺈﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﻏﺘﺴﻞ ﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻻ ﺗﺼﻴﺒﻪ ﺣﻜﺔ ﻭﻳﻜﻮﻥ ﺳﺎﻟﻤﺎ ﻣﻨﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻗﺎﺑﻞ .

ﻭﻣﻨﻪ ﻧﻘﻼ ﻣﻦ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻷﻏﺴﺎﻝ ﻷﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﻴﺎﺵ ﺑﺎﺳﻨﺎﺩﻩ ﺇﻟﻰ ﺃﻣﻴﺮ - ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: ﻟﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﻗﺎﻡ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻓﺤﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﺛﻨﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ: ﺣﺘﻰ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﻗﺎﻡ ﻓﺤﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﺛﻨﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﻣﺜﻞ ﺫﻟﻚ ﺛﻢ ﻗﺎﻡ ﻭﺷﻤﺮ ﻭﺷﺪ ﺍﻟﻤﺌﺰﺭ، ﻭﺑﺮﺯ ﻣﻦ ﺑﻴﺘﻪ ﻭﺍﻋﺘﻜﻒ ﻭﺃﺣﻴﺎ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻛﻠﻪ، ﻭﻛﺎﻥ ﻳﻐﺘﺴﻞ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻨﻪ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻌﺸﺎﺋﻴﻦ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ .

ﻭﻣﻨﻪ ﺑﺎﺳﻨﺎﺩﻩ ﺇﻟﻰ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻋﻦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻫﺎﺷﻢ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻮﻓﻠﻲ، ﻋﻦ ﺍﻟﺴﻜﻮﻧﻲ، ﻋﻦ ﺟﻌﻔﺮ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ، ﻋﻦ ﺁﺑﺎﺋﻪ، ﻋﻦ ﺃﻣﻴﺮ - ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﺻﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: ﻣﻦ ﺍﻏﺘﺴﻞ ﺃﻭﻝ ﻳﻮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻓﻲ ﻣﺎﺀ ﺟﺎﺭ ﻭﺻﺐ ﻋﻠﻰ ﺭﺃﺳﻪ ﺛﻼﺛﻴﻦ ﻏﺮﻓﺔ ﻛﺎﻥ ﺩﻭﺍﺀ ﻟﺴﻨﺘﻪ . ﺑﻴﺎﻥ: ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻳﺤﺘﻤﻞ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ، ﻭﺃﻭﻝ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻟﻮﺭﻭﺩ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﺑﺄﻧﻪ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺴﻨﺔ

Kalau kaitannya dg masyarakat itu bisa diasumsikan hanya kebiasaan mereka, atau ikut2an saja tanpa tahu dasarnya.
Sumber :

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar