Jadi bila seorang anak yang pada waktu dilahirkan tidak memilki qulfah (kulit penutup glan penis), maka tidak disyariatkan padanya untuk dikhitan.
Asnal Mathalib 20 hal 190 Maktabah Syamilah
قَوْلُهُ : لَا
بُدَّ مِنْ كَشْفِ جَمِيعِ الْحَشَفَةِ فِي الْخِتَانِ ) يُؤْخَذُ مِنْهُ
أَنَّ مَنْ وُلِدَ مَخْتُونًا بِلَا قُلْفَةٍ لَا خِتَانَ عَلَيْهِ
إيجَابًا وَلَا نَدْبًا كَمَا رَأَيْته فِي التَّبْصِرَةِ لِلشَّيْخِ أَبِي
مُحَمَّدٍ الْجُوَيْنِيِّ وَحَكَاهُ بَعْضُهُمْ عَنْ بَعْضِ كُتُبِ
الْبَغَوِيّ وَهُوَ ظَاهِرٌ
Menurut riwayat yang shaheh (kuat), Nabi Ibrahim as melakukan khitan pada usia 80 tahun. Dalam riwayat lain yang juga shaheh beliau khitan pada usia 120. Tetapi antara dua hadis shaheh tersebut bisa dikompromikan dengan jalan menghamal hadis pertama kepada 80 tahun dari tahun kenabian sedangkan hadis yang mengatakan beliau khitan pada usia 120 tahun, maksudnya adalah dari tahun kelahiran beliau.
Laki-laki yang pertama kali melakukan khitan adalah Nabi Ibrahim as sedangkan, dari pihak wanita adalah siti Hajar. Nabi Adam as Allah ciptakan dalam keadaan telah terkhitan.
Diantara para Nabi yang terlahir telah terkhitan ada 13 orang yaitu: Nabi Syist, Nuh, Hud, Shalih, Luth, Syu`aib, yusuf, Musa, Sulaiman, Zakaria, Isa, Handhalah bin Shafwan dan Nabi kita Muhammad saw.
Adapun khitan pada wanita yaitu memotong sedikit klistoris (badhr) yang ada pada kelamin wanita. dan yang lebih afdhal pada wanita adalah memotong sedikit saja (asal terbenar memotong).
Dalam satu hadis Rasulullah menyebutkan:
عَنْ اُمِ عَطِيَّةَ اْلاَنْصَارِيَّةِ اَنَّ امْرَأَةً كَانَتْ تَخْتِنُ بِاْلمَدِيْنَةِ فَقَالَ لَهَا النَّبِيُّ ص: لاَ تُنْهِكِيْ فَاِنَّ ذلِكِ اَحْظَى لِلْمَرْأَةِ
وَ اَحَبُّ اِلَى الْبَعْل
ابو داود 4: 368، رقم: 5271
Dari Ummu ‘Athiyah Al-Anshariyah,
bahwasanya ada seorang wanita yang biasa mengkhitan di Madinah, maka
Nabi SAW bersabda kepadanya, “Jangan kamu habiskan, karena yang demikian
itu lebih menyenangkan bagi wanita dan lebih disukai oleh suami”.
[HR.Abu Dawud juz 4, hal. 368, no. 5271]
أَشِمِّي وَلَا تُنْهِكِي فَإِنَّهُ أَحْظَى لِلْمَرْأَةِ وَأَحَبُّ لِلْبَعْلِ
Hukum khitan
Dikalangan Imam Mazhab terjadi khilaf tentang hukum khitan.
- Pendapat yang kuat didalam mazhab Syafii adalah wajib terhadap laki-laki dan wanita, demikian juga pendapat Imam Ahmad dan kebanyakan para ulama salaf.
- Sunat terhadap laki-laki dan wanita. Ini adalah pendapat Imam Abu Hanifah dan Imam Malik, demikian juga sebagian ulama dalam mazhab Syafii.
- Wajib pada laki-laki dan sunat pada wanita. Ini adalah pendapat sebagian ulama mazhab syafii.
Referensi:
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
(فرع)
الختان واجب على الرجال والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف كذا حكاه الخطابي وممن أوجبه أحمد وقال مالك وابو حنيفة سنة في حق الجميع
وحكاه الرافعى وجها لنا: وحكي وجها ثالثا انه يجب على الرجل وسنة في المرأة: وهذان الوجهان شاذان: والمذهب الصحيح المشهور الذى نص عليه الشافعي رحمه الله وقطع به الجمهور انه واجب على الرجال والنساء: ودليلنا ما سبق فان احتج القائلون بأنه سنة بحديث الفطرة عشر ومنها الختان فجوابه قد سبق عند ذكرنا تفسير الفطرة والله أعلم
الختان واجب على الرجال والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف كذا حكاه الخطابي وممن أوجبه أحمد وقال مالك وابو حنيفة سنة في حق الجميع
وحكاه الرافعى وجها لنا: وحكي وجها ثالثا انه يجب على الرجل وسنة في المرأة: وهذان الوجهان شاذان: والمذهب الصحيح المشهور الذى نص عليه الشافعي رحمه الله وقطع به الجمهور انه واجب على الرجال والنساء: ودليلنا ما سبق فان احتج القائلون بأنه سنة بحديث الفطرة عشر ومنها الختان فجوابه قد سبق عند ذكرنا تفسير الفطرة والله أعلم
I`anatut thalibin 4 hal 194 Maktabah syamilah
(ووجب ختان)
للمرأة والرجل حيث لم يولدا مختونين لقوله تعالى: * (أن اتبع ملة إبراهيم) * ومنها الختان، إختتن وهو إبن ثمانين سنة، وقيل واجب على الرجال، وسنة للنساء
Adapun landasan hukum khitan antara lain:
- Ayat Al Quran Surat An Nahlu ayat
Di dalam Al-Qur’an Allah SWT telah memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan firman-Nya :ثُمَّ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ اَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ اِبْرهِيْمَ حَنِيْفًا. وَمَا كَانَ مِنَ اْلمُشْرِكِيْنَ
النحل:123Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad), “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif. Dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah”. [QS. An-Nahl : 123]ثُمَّ أَوْحَيْنَا إلَيْك أَنْ اتَّبِعْ مِلَّةَ إبْرَاهِيمَ حَنِيفًاDalam ayat tersebut Allah memerintahkan Rasulullah untuk mengikuti ajaran Nabi Ibrahim, salah satu dari ajaran Nabi Ibrahim adalah khitan sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Shaheh riwayat Bukhary dan Muslim
حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا مغيرة بن عبد الرحمن القرشي عن أبي الزناد عن الأعرج عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم
( اختتن إبراهيم عليه السلام وهو ابن ثمانين سنة بالقدوم )حدثنا أبو اليمان أخبرنا شعيب حدثنا أبو الزناد ( بالقدوم ) مخففه . تابعه عبد الرحمن بن إسحاق عن أبي الزناد . وتابعه عجلان عن أبي هريرة . رواه محمد بن عمرو عن أبي سلمة - Hadis riwayat Abi Daud
حَدَّثَنَا مَخْلَدُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أُخْبِرْتُ عَنْ عُثَيْمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ جَاءَ إِلَى النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ قَدْ أَسْلَمْتُ. فَقَالَ لَهُ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم- « أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ ». يَقُولُ احْلِقْ. قَالَ وَأَخْبَرَنِى آخَرُ أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم- قَالَ لآخَرَ مَعَهُ « أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ » - Rasulullah saw memerintahkan shahabat untuk berkhitan, sedangkan
pada khitan tersebut memotong anggota badan dan membuka aurat, kedua hal
ini pada dasarnya merupakan hal yang terlarang. Pada saat hal tersebut
diperintahkan maka dapat dipahami bahwa hal tersebut adalah wajib.
Referensi:
Asnal mathalib
ولأنه قطع عضو لا يخلف فلا يكون إلا واجبا كقطع اليد ، والرجل ولأنه جرح يخاف منه ، فلو لم يجب لم يجز
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
وأما الاستدلال بكشف العورة فقد ذكره آخرون مع المصنف وقاله قبلهم أبو العباس بن سريج رحمه الله وأورد عليه كشفها للمداواة التي لا تجب
والجواب ان كشفها لا يجوز لكل مداواة وانما يجوز في موضع يقول أهل العرف ان المصلحة في المداواة راجحة علي المصلحة في المحافظة على المروءة وصيانة العورة كما سنوضحه ان شاء الله تعالي في أول كتاب النكاح حيث ذكره المصنف والاصحاب: فلو كان الختان سنة لما كشفت العورة المحرم كشفها له: واعتمد المصنف في كتابه في الخلاف والغزالي في الوسيط وجماعة قياسا فقالوا الختان قطع عضو سليم: فلو لم يجب لم يجز كقطع الاصبع فان قطعها إذا كانت سليمة لا يجوز الا إذا وجب بالقصاص والله أعلم
Asybah wan Nadhair fil Furu` hal 108
القاعدة الثالثة والعشرون الواجب لا يترك إلا لواجب وعبر عنها قوم بقولهم الواجب لا يترك لسنة وقوم بقولهم ما لا بد منه لا يترك إلا لما لا بد منه وقوم بقولهم جواز ما لو لم يشرع لم يجز دليل على وجوبه وقوم بقولهم ما كان ممنوعا إذا جاز وجب وفيها فروع - الى قوله - ومنها الختان لو لم يجب لكان حراما لما فيه من قطع عضو وكشف العورة والنظر إليها
Terjadi khilaf pendapat para ulama tentang kapan seorang anak dikhitan. Menurut pendapat yang shaheh tidak wajib dikhitan sehingga ia baligh dan disunatkan pada hari ketujuh kelahirannya, hal ini berlaku bila menurut perkiraan medis hal tersebut tidak akan berdampak negativ. Kalau tidak maka harus ditunggu sampai ia sanggup untuk dikhitan. Maka seorang yang sudah baligh wajib disegerakan untuk dikhitan dan bila ia enggan maka terhadap pemerintah wajib memaksanya untuk
Hukum Khitan Anak yang terlahir tidak memiliki qulfah
Anak yang terlahir tidak memiliki qulfah, tidak wajib dikhitan.
Referensi: Asnal Mathalib 20 hal 190
Namun Seorang anak yang telah dikhitan teryata qulfahnya masih tersisa, maka wajib dikhitan untuk kedua kalinya.
Referensi: Majmuk Syarah Muhazzah 1 hal 307
Referensi: Asnal Mathalib 20 hal 190
( قَوْلُهُ : لَا بُدَّ مِنْ كَشْفِ
جَمِيعِ الْحَشَفَةِ فِي الْخِتَانِ )
يُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّ مَنْ وُلِدَ مَخْتُونًا بِلَا قُلْفَةٍ لَا خِتَانَ عَلَيْهِ إيجَابًا وَلَا نَدْبًا كَمَا رَأَيْته فِي التَّبْصِرَةِ لِلشَّيْخِ أَبِي مُحَمَّدٍ الْجُوَيْنِيِّ وَحَكَاهُ بَعْضُهُمْ عَنْ بَعْضِ كُتُبِ الْبَغَوِيّ وَهُوَ ظَاهِرٌ
يُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّ مَنْ وُلِدَ مَخْتُونًا بِلَا قُلْفَةٍ لَا خِتَانَ عَلَيْهِ إيجَابًا وَلَا نَدْبًا كَمَا رَأَيْته فِي التَّبْصِرَةِ لِلشَّيْخِ أَبِي مُحَمَّدٍ الْجُوَيْنِيِّ وَحَكَاهُ بَعْضُهُمْ عَنْ بَعْضِ كُتُبِ الْبَغَوِيّ وَهُوَ ظَاهِرٌ
Namun Seorang anak yang telah dikhitan teryata qulfahnya masih tersisa, maka wajib dikhitan untuk kedua kalinya.
Referensi: Majmuk Syarah Muhazzah 1 hal 307
فان كان من القلفة التى تغطي الحشفة شئ
موجود وجب قطعه كما لو ختن ختانا غير كامل فانه يجب تكميله ثانيا حتى يبين
جميع القلفة التي جرت العادة بازالتها في الختان
Semoga bermanfaat
Sabtu, 30 Januari 2010
Khitan dala pandangan agama
1. Pengertian khitan
Arti Khitan menurut bahasa adalah “memotong”. Sedangkan menurut istilah
khitan pada laki-laki memotong kulit yang menutupi ujung kemaluan
laki-laki yang disebut dengan Qulfah agar tidak terhimpun kotoran di
dalamnya, dan juga agar dapat menuntaskan air kencing, serta tidak
mengurangi nikamatnya jima’ suami isteri. Jadi bila ada anak yang pada
waktu dilahirkan tidak memilki qulfah (kulit penutup glan penis) maka
tidak disyariatkan padanya untuk dikhitan.
Asnal Mathalib 20 hal 190
( قَوْلُهُ : لَا بُدَّ مِنْ كَشْفِ جَمِيعِ الْحَشَفَةِ فِي الْخِتَانِ )
يُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّ مَنْ وُلِدَ مَخْتُونًا بِلَا قُلْفَةٍ لَا خِتَانَ
عَلَيْهِ إيجَابًا وَلَا نَدْبًا كَمَا رَأَيْته فِي التَّبْصِرَةِ
لِلشَّيْخِ أَبِي مُحَمَّدٍ الْجُوَيْنِيِّ وَحَكَاهُ بَعْضُهُمْ عَنْ
بَعْضِ كُتُبِ الْبَغَوِيّ وَهُوَ ظَاهِرٌ
Menurut riwayat yang shaheh Nabi Ibrahim as melakukan khitan pada usia
80 tahun. Dalam riwayat lain yang juga shaheh beliau khitan pada usia
120. Tetapi antar dua hadis shaheh tersebut bisa dikompromikan dengan
jalan menghamal hadis petama kepada 80 tahun dari tahun kenabian
sedangkan hadis yang mengatakan beliau khitan pada usia 120 tahun,
maksudnya adalah dari tahun kelahiran beliau.
Laki-laki yang pertama kali melakukan khitan adalah Nabi Ibrahim as
sedangkan dari pihak wanita adalah siti Hajar. Nabi Adam as Allah
ciptakan dalam keadaan telah terkhitan. Diantara para Nabi yang terlahir
telah terkhita ada 13 orang yaitu: Nabi Syist, Nuh, Hud, Shalih, Luth,
Syu`aib, yusuf, Musa, Sulaiman, Zakaria, Isa, Handhalah bin Shafwan dan
Nabi kita Muhammad Shallallahu alaihimas shalah was salam.
Adapun pada wanita yaitu memotong sedikit klistoris (badhr) yang ada
pada kelamin wanita. Yang lebih afdhal pada wanita adalah memotong
sedikit saja (asal terbenar memotong). Dalam satu hadis Rasulullah
menyebutkan
أَشِمِّي وَلَا تُنْهِكِي فَإِنَّهُ أَحْظَى لِلْمَرْأَةِ وَأَحَبُّ
لِلْبَعْلِ
“ambil sedikit saja dan jangan kamu berlebihan karena ia utama bagi
wanita dan lebih disukai oleh suaminya”
Hal ini karena bisa menambah kenikmatan jima`. Dalam riwayt yang lain
Nabi saw menyebutkan أَحْظَى لِلْمَرْأَةِ وَأَسْرَى لِلْوَجْهِ maksudnya
lebih memperbanyak air muka wanita
2. Hukum khitan
Dikalangan Imam Mazhab terjadi khilaf tentang hukum khitan
1. Pendapat yang kuat didalam mazhab Syafii adalah wajib terhadap
laki-laki dan wanita demikian juga pendapat Imam Ahmad dan kebanyakan
para ulama salaf.
2. Sunat terhadap laki-laki dan wanita. Ini adalah pendapat Imam Abu
Hanifah dan Imam Malik demikian juga sebagian ulama dalam mazhab Syafii.
3. Wajib pada laki-laki dan sunat pada wanita. Ini adalah pendapat
sebagian ulama mazhab syafii.
Dua pendapat terakhir merupakan pendapat yang syaz.
Referensi:
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
: (فرع) الختان واجب على الرجال والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف كذا
حكاه الخطابي وممن أوجبه أحمد وقال مالك وابو حنيفة سنة في حق الجميع (2)
وحكاه الرافعى وجها لنا: وحكي وجها ثالثا انه يجب على الرجل وسنة في
المرأة: وهذان الوجهان شاذان: والمذهب الصحيح المشهور الذى نص عليه الشافعي
رحمه الله وقطع به الجمهور انه واجب على الرجال والنساء: ودليلنا ما سبق
فان احتج القائلون بأنه سنة بحديث الفطرة عشر ومنها الختان فجوابه قد سبق
عند ذكرنا تفسير الفطرة والله أعلم
I`anatut thalibin 4 hal 194 Maktabah syamilah
(ووجب ختان) للمرأة والرجل حيث لم يولدا مختونين لقوله تعالى: * (أن اتبع
ملة إبراهيم) * ومنها الختان، إختتن وهو إبن ثمانين سنة، وقيل واجب على
الرجال، وسنة للنساء.
3. Landasan hukum khitan
Adapun landasan hukum khitan antara lain:
1. Ayat Al Quran Surat An Nahlu ayat
ثُمَّ أَوْحَيْنَا إلَيْك أَنْ اتَّبِعْ مِلَّةَ إبْرَاهِيمَ حَنِيفًا
Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan Rasulullah untuk mengikuti
ajaran Nabi Ibrahim, salah satu dari ajaran Nabi Ibrahim adalah khitan
sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Shaheh riwayat Bukhary dan Muslim
حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا مغيرة بن عبد الرحمن القرشي عن أبي الزناد عن
الأعرج عن أبي هريرة رضي الله عنه قال
: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( اختتن إبراهيم عليه السلام وهو ابن
ثمانين سنة بالقدوم )
حدثنا أبو اليمان أخبرنا شعيب حدثنا أبو الزناد ( بالقدوم ) مخففه . تابعه
عبد الرحمن بن إسحاق عن أبي الزناد . وتابعه عجلان عن أبي هريرة . رواه
محمد بن عمرو عن أبي سلمة
2. Hadis riwayat Abi Daud
.حَدَّثَنَا مَخْلَدُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ
أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أُخْبِرْتُ عَنْ عُثَيْمِ بْنِ كُلَيْبٍ
عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ جَاءَ إِلَى النَّبِىِّ – صلى الله عليه
وسلم- فَقَالَ قَدْ أَسْلَمْتُ. فَقَالَ لَهُ النَّبِىُّ – صلى الله عليه
وسلم- « أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ ». يَقُولُ احْلِقْ. قَالَ
وَأَخْبَرَنِى آخَرُ أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم- قَالَ لآخَرَ
مَعَهُ « أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ »
3. Rasulullah saw memerintahkan shahabat untuk berkhitan, sedangkan pada
khitan tersebut memotong anggota badan dan membuka aurat, kedua hal ini
pada dasarnya merupakan hal yang terlarang. Pada saat hal tersebut
diperintahkan maka dapat dipahami bahwa hal tersebut adalah wajib.
Referensi:
Asnal mathalib
ولأنه قطع عضو لا يخلف فلا يكون إلا واجبا كقطع اليد ، والرجل ولأنه جرح
يخاف منه ، فلو لم يجب لم يجز
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
وأما الاستدلال بكشف العورة فقد ذكره آخرون مع المصنف وقاله قبلهم أبو
العباس بن سريج رحمه الله وأورد عليه كشفها للمداواة التي لا تجب (1)
والجواب ان كشفها لا يجوز لكل مداواة وانما يجوز في موضع يقول أهل العرف ان
المصلحة في المداواة راجحة علي المصلحة في المحافظة على المروءة وصيانة
العورة كما سنوضحه ان شاء الله تعالي في أول كتاب النكاح حيث ذكره المصنف
والاصحاب: فلو كان الختان سنة لما كشفت العورة المحرم كشفها له: واعتمد
المصنف في كتابه في الخلاف والغزالي في الوسيط وجماعة قياسا فقالوا الختان
قطع عضو سليم: فلو لم يجب لم يجز كقطع الاصبع فان قطعها إذا كانت سليمة لا
يجوز الا إذا وجب بالقصاص والله أعلم
Asybah wan Nadhair fil Furu` hal 108
القاعدة الثالثة والعشرون الواجب لا يترك إلا لواجب وعبر عنها قوم بقولهم
الواجب لا يترك لسنة وقوم بقولهم ما لا بد منه لا يترك إلا لما لا بد منه
وقوم بقولهم جواز ما لو لم يشرع لم يجز دليل على وجوبه وقوم بقولهم ما كان
ممنوعا إذا جاز وجب وفيها فروع - الى قوله - ومنها الختان لو لم يجب لكان
حراما لما فيه من قطع عضو وكشف العورة والنظر إليها
4. Waktu khitan
Terjadi khilaf pendapat para ulama tentang kapan seorang anak dikhitan.
Menurut pendapat yang shaheh tidak wajib dikhitan sehingga ia baligh dan
disunatkan pada hari ketujuh kelahirannya, hal ini berlaku bila menurut
perkiraan medis hal tersebut tidak akan berdampak negativ. Kalau tidak
maka harus ditunggu sampai ia sanggup untuk dikhitan. Maka seorang yang
sudah baligh wajib disegerakan untuk dikhitan dan bila ia enggan maka
terhadap pemerintah wajib memaksanya untuk dikhitan.
Read more at: http://mursyidali.blogspot.com/2010/01/khitan-dala-pandangan-agama.html
Copyright mursyidali.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution
Read more at: http://mursyidali.blogspot.com/2010/01/khitan-dala-pandangan-agama.html
Copyright mursyidali.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution
Sabtu, 30 Januari 2010
Khitan dala pandangan agama
1. Pengertian khitan
Arti Khitan menurut bahasa adalah “memotong”. Sedangkan menurut istilah
khitan pada laki-laki memotong kulit yang menutupi ujung kemaluan
laki-laki yang disebut dengan Qulfah agar tidak terhimpun kotoran di
dalamnya, dan juga agar dapat menuntaskan air kencing, serta tidak
mengurangi nikamatnya jima’ suami isteri. Jadi bila ada anak yang pada
waktu dilahirkan tidak memilki qulfah (kulit penutup glan penis) maka
tidak disyariatkan padanya untuk dikhitan.
Asnal Mathalib 20 hal 190
( قَوْلُهُ : لَا بُدَّ مِنْ كَشْفِ جَمِيعِ الْحَشَفَةِ فِي الْخِتَانِ )
يُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّ مَنْ وُلِدَ مَخْتُونًا بِلَا قُلْفَةٍ لَا خِتَانَ
عَلَيْهِ إيجَابًا وَلَا نَدْبًا كَمَا رَأَيْته فِي التَّبْصِرَةِ
لِلشَّيْخِ أَبِي مُحَمَّدٍ الْجُوَيْنِيِّ وَحَكَاهُ بَعْضُهُمْ عَنْ
بَعْضِ كُتُبِ الْبَغَوِيّ وَهُوَ ظَاهِرٌ
Menurut riwayat yang shaheh Nabi Ibrahim as melakukan khitan pada usia
80 tahun. Dalam riwayat lain yang juga shaheh beliau khitan pada usia
120. Tetapi antar dua hadis shaheh tersebut bisa dikompromikan dengan
jalan menghamal hadis petama kepada 80 tahun dari tahun kenabian
sedangkan hadis yang mengatakan beliau khitan pada usia 120 tahun,
maksudnya adalah dari tahun kelahiran beliau.
Laki-laki yang pertama kali melakukan khitan adalah Nabi Ibrahim as
sedangkan dari pihak wanita adalah siti Hajar. Nabi Adam as Allah
ciptakan dalam keadaan telah terkhitan. Diantara para Nabi yang terlahir
telah terkhita ada 13 orang yaitu: Nabi Syist, Nuh, Hud, Shalih, Luth,
Syu`aib, yusuf, Musa, Sulaiman, Zakaria, Isa, Handhalah bin Shafwan dan
Nabi kita Muhammad Shallallahu alaihimas shalah was salam.
Adapun pada wanita yaitu memotong sedikit klistoris (badhr) yang ada
pada kelamin wanita. Yang lebih afdhal pada wanita adalah memotong
sedikit saja (asal terbenar memotong). Dalam satu hadis Rasulullah
menyebutkan
أَشِمِّي وَلَا تُنْهِكِي فَإِنَّهُ أَحْظَى لِلْمَرْأَةِ وَأَحَبُّ
لِلْبَعْلِ
“ambil sedikit saja dan jangan kamu berlebihan karena ia utama bagi
wanita dan lebih disukai oleh suaminya”
Hal ini karena bisa menambah kenikmatan jima`. Dalam riwayt yang lain
Nabi saw menyebutkan أَحْظَى لِلْمَرْأَةِ وَأَسْرَى لِلْوَجْهِ maksudnya
lebih memperbanyak air muka wanita
2. Hukum khitan
Dikalangan Imam Mazhab terjadi khilaf tentang hukum khitan
1. Pendapat yang kuat didalam mazhab Syafii adalah wajib terhadap
laki-laki dan wanita demikian juga pendapat Imam Ahmad dan kebanyakan
para ulama salaf.
2. Sunat terhadap laki-laki dan wanita. Ini adalah pendapat Imam Abu
Hanifah dan Imam Malik demikian juga sebagian ulama dalam mazhab Syafii.
3. Wajib pada laki-laki dan sunat pada wanita. Ini adalah pendapat
sebagian ulama mazhab syafii.
Dua pendapat terakhir merupakan pendapat yang syaz.
Referensi:
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
: (فرع) الختان واجب على الرجال والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف كذا
حكاه الخطابي وممن أوجبه أحمد وقال مالك وابو حنيفة سنة في حق الجميع (2)
وحكاه الرافعى وجها لنا: وحكي وجها ثالثا انه يجب على الرجل وسنة في
المرأة: وهذان الوجهان شاذان: والمذهب الصحيح المشهور الذى نص عليه الشافعي
رحمه الله وقطع به الجمهور انه واجب على الرجال والنساء: ودليلنا ما سبق
فان احتج القائلون بأنه سنة بحديث الفطرة عشر ومنها الختان فجوابه قد سبق
عند ذكرنا تفسير الفطرة والله أعلم
I`anatut thalibin 4 hal 194 Maktabah syamilah
(ووجب ختان) للمرأة والرجل حيث لم يولدا مختونين لقوله تعالى: * (أن اتبع
ملة إبراهيم) * ومنها الختان، إختتن وهو إبن ثمانين سنة، وقيل واجب على
الرجال، وسنة للنساء.
3. Landasan hukum khitan
Adapun landasan hukum khitan antara lain:
1. Ayat Al Quran Surat An Nahlu ayat
ثُمَّ أَوْحَيْنَا إلَيْك أَنْ اتَّبِعْ مِلَّةَ إبْرَاهِيمَ حَنِيفًا
Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan Rasulullah untuk mengikuti
ajaran Nabi Ibrahim, salah satu dari ajaran Nabi Ibrahim adalah khitan
sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Shaheh riwayat Bukhary dan Muslim
حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا مغيرة بن عبد الرحمن القرشي عن أبي الزناد عن
الأعرج عن أبي هريرة رضي الله عنه قال
: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( اختتن إبراهيم عليه السلام وهو ابن
ثمانين سنة بالقدوم )
حدثنا أبو اليمان أخبرنا شعيب حدثنا أبو الزناد ( بالقدوم ) مخففه . تابعه
عبد الرحمن بن إسحاق عن أبي الزناد . وتابعه عجلان عن أبي هريرة . رواه
محمد بن عمرو عن أبي سلمة
2. Hadis riwayat Abi Daud
.حَدَّثَنَا مَخْلَدُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ
أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أُخْبِرْتُ عَنْ عُثَيْمِ بْنِ كُلَيْبٍ
عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ جَاءَ إِلَى النَّبِىِّ – صلى الله عليه
وسلم- فَقَالَ قَدْ أَسْلَمْتُ. فَقَالَ لَهُ النَّبِىُّ – صلى الله عليه
وسلم- « أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ ». يَقُولُ احْلِقْ. قَالَ
وَأَخْبَرَنِى آخَرُ أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم- قَالَ لآخَرَ
مَعَهُ « أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ »
3. Rasulullah saw memerintahkan shahabat untuk berkhitan, sedangkan pada
khitan tersebut memotong anggota badan dan membuka aurat, kedua hal ini
pada dasarnya merupakan hal yang terlarang. Pada saat hal tersebut
diperintahkan maka dapat dipahami bahwa hal tersebut adalah wajib.
Referensi:
Asnal mathalib
ولأنه قطع عضو لا يخلف فلا يكون إلا واجبا كقطع اليد ، والرجل ولأنه جرح
يخاف منه ، فلو لم يجب لم يجز
Majmuk Syarah Muhazzab 1 hal 301 maktabah syamilah
وأما الاستدلال بكشف العورة فقد ذكره آخرون مع المصنف وقاله قبلهم أبو
العباس بن سريج رحمه الله وأورد عليه كشفها للمداواة التي لا تجب (1)
والجواب ان كشفها لا يجوز لكل مداواة وانما يجوز في موضع يقول أهل العرف ان
المصلحة في المداواة راجحة علي المصلحة في المحافظة على المروءة وصيانة
العورة كما سنوضحه ان شاء الله تعالي في أول كتاب النكاح حيث ذكره المصنف
والاصحاب: فلو كان الختان سنة لما كشفت العورة المحرم كشفها له: واعتمد
المصنف في كتابه في الخلاف والغزالي في الوسيط وجماعة قياسا فقالوا الختان
قطع عضو سليم: فلو لم يجب لم يجز كقطع الاصبع فان قطعها إذا كانت سليمة لا
يجوز الا إذا وجب بالقصاص والله أعلم
Asybah wan Nadhair fil Furu` hal 108
القاعدة الثالثة والعشرون الواجب لا يترك إلا لواجب وعبر عنها قوم بقولهم
الواجب لا يترك لسنة وقوم بقولهم ما لا بد منه لا يترك إلا لما لا بد منه
وقوم بقولهم جواز ما لو لم يشرع لم يجز دليل على وجوبه وقوم بقولهم ما كان
ممنوعا إذا جاز وجب وفيها فروع - الى قوله - ومنها الختان لو لم يجب لكان
حراما لما فيه من قطع عضو وكشف العورة والنظر إليها
4. Waktu khitan
Terjadi khilaf pendapat para ulama tentang kapan seorang anak dikhitan.
Menurut pendapat yang shaheh tidak wajib dikhitan sehingga ia baligh dan
disunatkan pada hari ketujuh kelahirannya, hal ini berlaku bila menurut
perkiraan medis hal tersebut tidak akan berdampak negativ. Kalau tidak
maka harus ditunggu sampai ia sanggup untuk dikhitan. Maka seorang yang
sudah baligh wajib disegerakan untuk dikhitan dan bila ia enggan maka
terhadap pemerintah wajib memaksanya untuk dikhitan.
Read more at: http://mursyidali.blogspot.com/2010/01/khitan-dala-pandangan-agama.html
Copyright mursyidali.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution
Read more at: http://mursyidali.blogspot.com/2010/01/khitan-dala-pandangan-agama.html
Copyright mursyidali.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution
Tidak ada komentar:
Posting Komentar